Rangkaian kegiatan Pembatik 2021 diawali dengan Coaching untuk pembekalan materi, penyampaian penugasan, penyusunan tindak lanjut, kegiatan berbagi dan berkolaborasi diakhiri dengan Kuliah Umum. Kuliah umum pertama dilakasanakan pada Rabu 10 November 2021. Pada kuliah umum ini menyajikan materi Kiat Guru Sukses Berbagi Konten Medsos melalui tulisan dan video dengan pemateri Dr. Rulli Nasrullah, M.Si beliau merupakan Dr. pertama media sosial di Indonesia. Media sosial merupakan salah satu media baru yang digunakan untuk berinteraksi diantara pengguna. Media Sosial menjadi sesuatu yang unik, menarik dan komunikasinya menjadi berbeda. Dengan media sosial kita dapat berkomunikasi, menyampaikan materi pembelajaran dan menambah wawasan.
Dalam membuat konten kita dapat memanfaatkan power point yang mudah di gunakan oleh semua orang. Minimal kita memiliki alat untuk memproduksi konten yaitu hp, tripod, mic yang tersambung dengan hp. Publikasi konten di media sosial ada waktu-waktu tertentu dalam mengakses media sosial kita harus memahami hari publikasinya, jam publikasinya dan hastagnya. Selaian unsur visual, public speaking, materi, desain visual, kita juga harus memahami struktur dan algoritma yang ada pada media sosial. Adapun beragam jenis aplikasi untuk produksi video pembelajaran yaitu
1. Video Scribe
2. Power Point
3. Quik
4. Canva
5. Power Director
6. Filmora
Kajian guru yang menggunakan medsos yaitu ada guru yang menggunakan tiktok untuk pembelajaran membuat drama sehingga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Pesan kan Arul yaitu dari pada menghabiskan waktu di media sosial lebih baik kita membuat konten. Dari konten tersebut kita bisa mendapatkan uang bisa berkreasi, menjadi konten kreator dan bisa mendapatkan uang. Pesan dari kang Arul yaitu bapak/ibu yang baik hatinya jangan sampai kaget ada anak-anak kita secara TIK pemanfaatan aplikasinya jauh lebih bagus dari pada kita, iniliah tantangan kita untuk terus mengasah kemampuan di eramilenial.
Penyajian materi kedua yaitu oleh bapak Dr. Drs. Rachmadi Widdiharto, M.A. dengan materi Peran Duta Rumah Belajar dalam Transformasi Pembelajaran Digital. Pada pembelajaran era 4.0 diharapkan yaitu pembelajaran yang diarahkan oleh siswa sendiri (self directed learning), peembelajaran dengan multi sumber belajar, pembelajaran sepanjang hayat, pembelajaran berbasis TIK, pembelajaran yang adaptif, dan pembelajaran yang membangun cara pandang. Indikator dari Kecakapan Literasi Digital yaitu memproduksi dan mengkomunikasikan indformasi, mengkontruksi pengetahuan, menyaring dan mengelola informasi, menciptakan kesadaran tentang nilai-nilai tradisonal, membaca dan memahami materi yang tidak berurutan dan dinamis, menciptakan kesadaran dalam membangun jejaring, berpikir kritis dalam mengambil informasi.
Berikut ini adalah semangat merdeka belajar yang harus kita pahami yaitu "anak terlahir seperti kertas bertuliskan samar. Tugas guru mempertebal tulisan samar tadi nampak terang". "Anak itik bisa berenang oleh induknya itik bukan oleh induknya ayam. yang bisa mendidik bangsa kita adalah golongan dari bangsa kita sendiri. Karena pendidikan erat kaitannya dengan kebudayaan". "Jangan mengajari anak pengetahuan yang baik dan perlu saja, tetapi juga pengetahuan yang bermanfaat dengan cara menemukan sendiri tanpa melupakan lingkungan di sekitarnya". Mendidik anak adalah mendidik bangsa. Karena kelak anakyang kita didik akan menjadi abgian dari bangsa kita. Menjadi kawan atau lawan bangsa sendiri akan sangat bergantung kepada bagaimana kita mendidiknya".
Program-program utama direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan yaitu
1. Transformasi Kepemimpinan Pendidikan melalui program Guru Penggerak
2. Transformasi PPG Prajabatan
3. Pengembangan Ekosistem Belajar Guru di Setiap Provinsi melalui Balai Guru Penggerak (BGP)
4. Pemberdayaan Komunitas Pendidikan melalui Program Organisasi Penggerak (PGP)
5. Regulasi dan Tata Kelola SDM GTK
Berdasarkan program diatas diharapkan mampu melahirkan profil guru atau pendidik di abad 21 yang memiliki karakteristek ideal yaitu :
1. Mampu memahami dan melaksanakan tugas dan perannya dengan baik dan benar
2. Sebagai pengajar dan juga pembelajar
3. Mengikuti proses kemajuan zaman, kreaktif, inovatif dan menggunakan alat peraga yang bervariasi
4. Memiliki spiritual yang tinggi
5. mampu berperan sebagai pemimpin (manajeril) yang memimpin, mengendalikan diri, upaya mengarahkan penggorganisasian, pengontrolan, dan artisipasi atas program yang dilakukan.
6. Sedikitnya memiliki tiga kecakapan yaitu:
- Kompetensi Kognitif yaitu pengetahuan pendidikan dan pengetahuan mata pelajaran yang akan diajarkan guru.
- Kompetensi Afektif yaitu perasaan dan emosi yaitu sikap dan perasaan diri yang berkaitan dengan profesi keguruan
- Kompetensi Psikomotor yaitu keterampilan atau sikap yang bersifat jasmaniah yang pelaksanaanya berhubungan dengan tugasnya selaku pengajar
Jadilah pembelajar sepanjang hayar seperti konsep dari bapak Ki Hadjar Dewantara "Jadikan setiap tempat sebagai sekolah dan setiap orang sebagai guru"
#MerdekaBelajar
#KuliahUmumPembatik2021
#SahabatRumahBelajar
#DutaRumahBelajar